7 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sedotan adalah salah satu bahan plastik yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, entah itu di warung atau pun tempat yang menjual minuman. Fungsi kegunaannya sudah jelas, adalah untuk mempermudah kita saat minum. Harganya yang murah, membuat kita bisa dengan mudah untuk mendapatkannya dan biasanya sedotan-sedotan tersebut dijual dalam satu kemasan, setiap kemasan berisi 20 sampai 30 sedotan, tergantung model dan harga yang disesuaikan pada setiap kemasannya. 
Di bawah ini, selain digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, ternyata sedotan dapat dijadikan sebagai kerajinan yang bernilai tinggi, beberapa di antaranya ada yang dibentuk seperti bunga, kalung, gelang dan berbagai alat souvenir lainnya.

1. Tas

Untuk membuat tas dari sedotan tidaklah mudah, harus butuh konsentrasi agar pengerjaan bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Terlebih jika pengrajin berencana untuk menjualnya, maka dibutuhkan ketelitian kuhsus saat mengerjakan kerajinan tas yang terbuat dari sedotan ini.

2. Ikan

Ikan adalah objek kerajinan sedotan yang mudah dikerjakan oleh siapapun. Kamu hanya perlu sedikit bersabar agar bisa mencipatakan bentuk dan warna-warna terang sesuai dengan apa yang diinginkan. Terlebih, kebanyakan pengrajin menggunakan model hewan dan salah satunya adalah ikan. Sebagai icon objek bagi para pengrajin untuk memasarkan hasil kerajinan yang mereka buat.

3. Bunga

Sudah tidak jarang lagi bagi kita, bunga adalah kerajinan sedotan yang saat ini paling banyak diminati oleh para pengrajin. Variasinya yang beragam, unik dan cantik. Membuat siapapun yang ingin memperaktikannya tidak akan bosan untuk terus berinovasi. Sehingga terlihat, bunga merupakan kerajinan yang paling mendominasi dalam kerajinan bentuk apapun dan salah satunya yang berasal dari sedotan.

4. Kalung

Kerajinan kalung, biasanya paling banyak digemari oleh kaum hawa, pembuatannya yang mudah dan super simple, membuat para pengrajin ini selalu bersemangat dalam mengerjakan tugasnya. Karena apabila telah jadi, terkadang mereka sendirilah yang menggunakan kalung tersebut, tetapi biasanya mereka memanfaatkan dari sisa-sisa hasil kerajinan kalung yang terbuat dari sedotan itu.


5. Taplak meja

Ternyata, selain dari yang telah disebutkan di atas, kerajinan tangan dari sedotan ini juga bisa dibentuk taplak meja. Kegunannya sangat bermanfaat, karena bisa menggantikan kain yang pada umumnya biasa digunakan, jika terkena tumpahan air, maka taplak meja dari sedotan inilah solusinya, sedotan sendiri terbuat dari plastik yang memiliki ukuran tebal, maka jika terkena air, kamu cukup melapnya saja.

6.  Kemoceng

Ternyata komoceng tidak selamanya terbuat dari bulu ayam atau yang lainnya, ada pengrajin yang bisa memanfaatkan barang bekas menjadi bahan yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan bulu komoceng. Salah satunya adalah dengan mendesain sedotan bekas hingga menyerupai komoceng, hanya untuk sedotan mungkin tidak selembut atau sehalus pada komoceng berbulu.

7. Sandal

Untuk yang terakhir, sedotan dapat disihir menjadi bentuk sendal dengan kegunaan dan fungsi yang sama seperti sendal pada umumnya. Hanya, yang membedakan pada sandal sedotan ini adalah, memiliki permukaan yang kasar atau sedikit lebih timbul dibanding sandal-sandal pada umumnya.
Sebenarnya masih banyak beberapa contoh kerajinan tangan yang terbuat dari sedotan, dan akan lebih baik mungkin, kami sarankan pada kamu untuk mencoba sendiri dan berkreasi dalam menciptakan sebuah karya yang memiliki nilai jual tinggi.

sumber:  http://www.satujam.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s